Strategi Merancang Digital Marketing Untuk Pemula

 

Halo teman-teman Brisarana!

Dalam artikel kali ini, aku akan memberikan informasi yang jauh semakin menarik nih. Setelah di artikel sebelumnya kita membahas tentang Membuat Rencana Bisnis yang Baik, sekarang kita melangkah maju yaitu membahas tentang pemasaran yang khususnya berbasis digital. Ini cocok banget sama kamu yang lagi bingung mau mulai darimana untuk memasarkan produk kamu.

Seperti yang sudah kita pahami, bahwa pada masa kini peran internet dan teknologi digital telah mengubah dunia. Semulanya media konvensional dianggap sudah paling mutakhir, ternyata seiring perkembangan zaman internet dan teknologi digital telah menguasai dunia hingga mengubah pola perilaku konsumen. Hal ini ditangkap sebuah peluang oleh pemilik bisnis bahwa kita harus memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga digital marketing memberikan jawaban kepada konsumen supaya kita tetap bisa memenangkan persaingan yang terjadi di dunia wirausaha.


MENGAPA DIGITAL MARKETING HARUS DIPELAJARI?

Berbasis data yang diperoleh pada Januari 2019, terlihat pada saat itu populasi di Indonesia 268,2 juta jiwa. Dari 268,2 juta jiwa penduduk yang ada di Indonesia, ternyata 150 juta diantaranya sudah melakukan penetrasi terhadap penggunaan internet dan keseluruhan dari pengguna internet ini sudah mengakses atau aktif menggunakna sosial media. Hampir 80% pengguna aktif sosial media mereka mengaksesnya menggunakan smartphone atau gawai. Yang artinya mayoritas penduduk Indonesia sudah memiliki smartphone. Berarti, untuk saat ini smartphone bukan lagi menjadi barang mewah, melainkan suatu kebutuhan. Terkhusus di masa pandemi ini, semua orang melakukan aktivitasnya menggunakan smartphone atau melalui daring. Data tahun 2020, ada kenaikan jumlah penduduk Indonesia yaitu bertambah 2,9 juta jiwa yang diikuti juga dengan kenaikan jumlah penduduk yang memiliki smartphone sebesar 15 juta jiwa. Hal ini menyebabkan pengguna media sosial di Indonesia kian bertambah, dengan pertambahan di tahun 2020 ini sebesar 12 juta orang. dari data tersebut kita sudah paham semestinya, bahwa hal tersebut dapat dijadikan sebagai peluang wirausaha dimana kini muncul pola baru dalam konsumen, bahwa media digital sebagai bagian dari strategi pemasaran. 



SRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL


Sostac inilah sebagai pemasaran digital yang akan kita rancang untuk usaha kita. Terdapat 6 poin dalam strategi pemasaran digital yang perlu diperhatikan. 

Urutan pertama adalah Situation Analysis. Poin ini maksudnya adalah kita menganalisis terlebih dahulu posisi usaha kita dengan segenap yang telah dimiliki atau dicapai, posisi kita itu ada dimana. Kemudian ketahui tentang bagaimana kita melayani konsumen kita, sudah efisienkah kita menggunakan anggaran kita,bagaimana kita membangun komunikasi dengan pelanggan kita.

Kemudian poin kedua adalah Objectives. Disini kita menusun pola objektif atau menelaah tujuan kita. Hal ini memudahkan kita untuk merancang strategi. Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya  dimana, analisis ini lebih mengkerucut lagi.

Setelah mengetahui posisi dan tujuan kita, langkah berikutnya adalah Strategy. Nah dalam langkah ini adalah bagaimana caranya agar kita bisa mencapai atau mewujudkan tujuan kita tadi. Disini kita menyesuaikan dengan media apa yang akan kita pakai dan merancang target dari media ini. Misalkan tujuannya untuk menambah followers akun instagram bisnis kita, kita rancang dengan mencapai target itu melalui instastory.

Berikutnya adalah Tactics. Keterangannya adalah dalam mencapai tujuan tadi, kita menggunakan cara-cara yang lebih generik. Tentang media atau platform apa saja yang akan kita gunakan, dan dengan model konsep seperti apa yang akan kita pakai sampai ke tentang penjadwalan posting pemasarannya ke media yang kita gunakan.  

Kemudian Action, disini kita mulai melakukan dari cara-cara atau taktik yang telah kita susun secara matang. Misalkan melalui hashtag dengan menyesuaika produk kita, yang tujuannya agar memudahkan konsumen dalam menemukan bisnis kita.

Setelah itu semua sudah dilakukan, yang terakhir adalah Control. Kali ini kita mengontrol atau memonitori langkah-langkah yang kita buat, taktik yang kita susun, hingga action yang telah kita lakukan, sudahkah cukup hal tersebut akan memenuhi target kita. Bahkan dengan berbasis digital ini, kita dapat memberikan ruang langsung kepada konsumen untuk menilai atau mereview tentang usaha kita, hal ini justru sangat membantu kita dalam mengevaluasi usaha kita. Dan dari situ, kita mengetahui strategi yang seperti apa yang harus dipertahankan sampai strategi yang seperti apa yang harus dirubah agar lebih baik lagi dan berprogress.

 

Itu tadi adalah tips merancang strategi pemasaran berbasis digital bagi pemula nih. Semoga bermanfaat yaa. Bagaimana, sudah paham kan tentang apa saja yang harus dirancang? Tulis komentar kamu di kolom komentar yaa!

Sumber : Dedi Purwana Channel


Komentar

Postingan Populer