Strategi Merancang Digital Marketing Untuk Pemula
Halo teman-teman Brisarana!
Dalam artikel kali ini, aku akan
memberikan informasi yang jauh semakin menarik nih. Setelah di artikel
sebelumnya kita membahas tentang Membuat Rencana Bisnis yang Baik, sekarang kita melangkah
maju yaitu membahas tentang pemasaran yang khususnya berbasis digital. Ini
cocok banget sama kamu yang lagi bingung mau mulai darimana untuk memasarkan
produk kamu.
Seperti yang sudah kita pahami,
bahwa pada masa kini peran internet dan teknologi digital telah mengubah dunia.
Semulanya media konvensional dianggap sudah paling mutakhir, ternyata seiring
perkembangan zaman internet dan teknologi digital telah menguasai dunia hingga
mengubah pola perilaku konsumen. Hal ini ditangkap sebuah peluang oleh pemilik
bisnis bahwa kita harus memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga
digital marketing memberikan jawaban kepada konsumen supaya kita tetap bisa
memenangkan persaingan yang terjadi di dunia wirausaha.
MENGAPA DIGITAL MARKETING HARUS DIPELAJARI?
Berbasis data yang diperoleh pada
Januari 2019, terlihat pada saat itu populasi di Indonesia 268,2 juta jiwa.
Dari 268,2 juta jiwa penduduk yang ada di Indonesia, ternyata 150 juta
diantaranya sudah melakukan penetrasi terhadap penggunaan internet dan
keseluruhan dari pengguna internet ini sudah mengakses atau aktif menggunakna
sosial media. Hampir 80% pengguna aktif sosial media mereka mengaksesnya
menggunakan smartphone atau gawai. Yang artinya mayoritas penduduk
Indonesia sudah memiliki smartphone. Berarti, untuk saat ini smartphone bukan
lagi menjadi barang mewah, melainkan suatu kebutuhan. Terkhusus di masa pandemi
ini, semua orang melakukan aktivitasnya menggunakan smartphone atau melalui
daring. Data tahun 2020, ada kenaikan jumlah penduduk Indonesia yaitu bertambah
2,9 juta jiwa yang diikuti juga dengan kenaikan jumlah penduduk yang memiliki
smartphone sebesar 15 juta jiwa. Hal ini menyebabkan pengguna media sosial di
Indonesia kian bertambah, dengan pertambahan di tahun 2020 ini sebesar 12 juta
orang. dari data tersebut kita sudah paham semestinya, bahwa hal tersebut dapat
dijadikan sebagai peluang wirausaha dimana kini muncul pola baru dalam
konsumen, bahwa media digital sebagai bagian dari strategi pemasaran.
SRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL
Urutan pertama adalah Situation
Analysis. Poin ini maksudnya adalah kita menganalisis terlebih dahulu
posisi usaha kita dengan segenap yang telah dimiliki atau dicapai, posisi kita
itu ada dimana. Kemudian ketahui tentang bagaimana kita melayani konsumen kita,
sudah efisienkah kita menggunakan anggaran kita,bagaimana kita membangun
komunikasi dengan pelanggan kita.
Kemudian poin kedua adalah Objectives.
Disini kita menusun pola objektif atau menelaah tujuan kita. Hal ini memudahkan
kita untuk merancang strategi. Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya dimana, analisis ini lebih mengkerucut lagi.
Setelah mengetahui posisi dan
tujuan kita, langkah berikutnya adalah Strategy. Nah dalam langkah ini
adalah bagaimana caranya agar kita bisa mencapai atau mewujudkan tujuan kita
tadi. Disini kita menyesuaikan dengan media apa yang akan kita pakai dan
merancang target dari media ini. Misalkan tujuannya untuk menambah followers
akun instagram bisnis kita, kita rancang dengan mencapai target itu melalui
instastory.
Berikutnya adalah Tactics.
Keterangannya adalah dalam mencapai tujuan tadi, kita menggunakan cara-cara
yang lebih generik. Tentang media atau platform apa saja yang akan kita
gunakan, dan dengan model konsep seperti apa yang akan kita pakai sampai ke
tentang penjadwalan posting pemasarannya ke media yang kita gunakan.
Kemudian Action, disini
kita mulai melakukan dari cara-cara atau taktik yang telah kita susun secara
matang. Misalkan melalui hashtag dengan menyesuaika produk kita, yang tujuannya
agar memudahkan konsumen dalam menemukan bisnis kita.
Setelah itu semua sudah dilakukan, yang
terakhir adalah Control. Kali ini kita mengontrol atau memonitori
langkah-langkah yang kita buat, taktik yang kita susun, hingga action yang telah
kita lakukan, sudahkah cukup hal tersebut akan memenuhi target kita. Bahkan
dengan berbasis digital ini, kita dapat memberikan ruang langsung kepada
konsumen untuk menilai atau mereview tentang usaha kita, hal ini justru sangat
membantu kita dalam mengevaluasi usaha kita. Dan dari situ, kita mengetahui
strategi yang seperti apa yang harus dipertahankan sampai strategi yang seperti
apa yang harus dirubah agar lebih baik lagi dan berprogress.
Itu tadi adalah tips merancang
strategi pemasaran berbasis digital bagi pemula nih. Semoga bermanfaat yaa.
Bagaimana, sudah paham kan tentang apa saja yang harus dirancang? Tulis
komentar kamu di kolom komentar yaa!
Sumber : Dedi Purwana Channel
Komentar
Posting Komentar